Kamis, 13 September 2007

Internet Bisnis

Internet Bisnis merupakan suatu bisnis yang dalam prosesnya melalui media internet. Bisnis ini merupakan bisnis online yang memiliki berbagai kelebihan dibanding bisnis konvensional. Kelebihan internet bisnis adalah:

  1. Tidak memerlukan ruang yang banyak karena semua produk dan lainnya hanya berupa informasi yang berupa web page.
  2. Untuk penjualan e-book, software, dan produk digital lainnya dapat disimpan langsung di web hosting.
  3. Lebih lengkap informasinya karena dapat lebih dari satu web page. Dan lebih murah daripada mencetak brosur atau leaflet.
  4. Melewati batas kota, propinsi, negara, samudra, dan benua karena dapat diakses dimana saja asal ada koneksi internet.

Memanfaatkan bisnis internet menjadi uang dapat menggunakan berbagai model, antara lain sebagai berikut:

  1. Terjun langsung sebagai penjual online dengan cara menyewa web hosting kemudian menyediakan layanan pemesanan dan pembayaran melalui media internet.
  2. Menjual produk digital (e-book, software, antivirus, dsb).
  3. Resseler yaitu membeli produk untuk dijual kepada orang lain. Ada yang dengan sistem komisi atau keuntungan langsung dari harga.
  4. Affiliate yaitu memasang iklan di website kita. Setiap link yang diklik konsumen dan melakukan transaksi maka akan mendapat keuntungan berupa komisi.
  5. Membeship yaitu menyediakan jasa layanan iklan, pendidikan, dan lainnya dengan memperoleh pembayaran dengan cara membership.

Marketing – Apakah itu?

Mungkin anda seorang sales atau seseorang yang memiliki toko, ketika ditanya apakah yang dimaksud dengan marketing? Apakah anda mampu menjawab? Mungkin orang lain pun tidak mempunyai gambaran apa sebenarnya marketing. Hanya sedikit saja orang yang benar-benar mengerti tentang apa yang dimaksud dengan marketing.

Marketing tidak sekedar menjual atau memasang iklan

Apabila dipaksa untuk memberikan rumusan tentang marketing, maka mereka akan mengatakan marketing adalah menjual atau promosi, tetapi hal ini tidak tepat adalah sangat penting agar anda mengerti bahwa menjual dan promosi adalah sebagian dari marketing. Marketing lebih dari sekedar menjual atau promosi.

Marketing adalah segala tindakan agar suatu produk sampai kepada konsumen sehingga membuat tindakan menjual menjadi terus menerus. Tujuan marketing adalah untuk mengenal dan mengerti konsumen dengan baik sehingga produk atau jasa terjual terus menerus.

Produk tidak dapat menjual dirinya sendiri

Apabila perusahaan menciptakan produk maka perusahaan harus memperkirakan keberhasilan produk melalui marketing daripada memproduksinya besar-besaran. Ada konsep dasar terciptanya suatu produk yaitu untuk memenuhi kepuasan konsumen. Namun ada jarak antara produk dan kepuasan konsumen, karena konsumen tidak dapat menggunakan suatu produk tanpa ada informasi tentang manfaat produk dan produk juga tidak dapat menjual dirinya sendiri. Maka diperlukan marketing adalah penghubung keduanya.

Mengapa harus mempelajari marketing?

Banyak alasan supaya mempelajari marketing, diantaranya:

  • Sebagai konsumen – kita membayar untuk setiap kegiatan marketing.
  • Marketing ada dimana-mana dan mempengaruhi hampir seluruh kehidupan sehari-hari. Produk yang dibeli, swalayan tempat berbelanja, segala iklan yang dihadapi. Kesemuanya ini merupakan bagian marketing.
  • Marketing memberikan peluang usaha baru pada setiap saat.


Internet Bisnis memerlukan marketing

Dalam internet bisnis memang mendesain website yang informatif mengenai suatu produk atau jasa sangat baik, tetapi semuanya tidak akan berguna apabila tidak ada pengunjung yang mengakses website tersebut. Isi website akan berguna apabila adanya marketing yang mempromosikan website tersebut sehingga banyak yang mengunjungi website tersebut sehingga pengunjung tertarik bertransaksi.

1 Comment:

Alfian HOKI said...

alo hep..........bagus blognya, bikin motivasi ane jadi nambah.........
ijin copy dikit ya artikelnya